Senin, 28 Maret 2011

BEBASKANLAH DIRIMU

Lukas 14: 33 .... tiap-tiap orang diantara kamu yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi muridku.

Seseorang tidak dapat berjalan bebas jika tangannya sarat dengan berbagai barang bawaan yang memberatkan. Kaki yang terikat dengan rantai yang berat juga tidak dapat membuat seseorang dapat bebas bergerak. Ketika pikiran dan hati kita juga terikat oleh berbagai hal yang memberatkan, kita tidak dapat merasakan kebebasan untuk bergerak. Tuhan berpesan, jika ingin menjadi murid_NYA, lepaskanlah diri kita dari segala milik kita. Yang dimaksud di sini adalah, apakah yang menjadi milik pribadi kita yang sangat mengikat kita ?

Sesuatu yang sangat mengikat tidak dapat membuat kita mengikut Tuhan, seperti : pekerjaan, suami,istri,anak, harta benda, orang tua dan lain sebagainya. Yang sangat kita nomor satukan dibanding TUHAN YESUS. Sehingga ketika kita akan menjadi muridNYA, kita akan banyak alasan untuk menolak. Seperti ketika kita menolak untuk datang ke persekutuan-persekutuan, dengan alasan repot oleh karena keluarga, karena pekerjaan. Tidak dapat melayani Tuhan oleh karena pekerjaan yang sangat menyita waktu, tidak dapat hadir ibadah karena urusan keluarga lebih utama, dll alasan. Dahulu saya juga melakukan alasan yang sama ketika Tuhan menginginkan saya menyisihkan waktu bagiNYA. Sepertinya terlalu sibuk dengan pekerjaan (bisnis) dan terlalu repot bagi saya untuk melayani Tuhan. Hingga saya menunggu waktu yang tepat (menurut waktu saya). Atau saya tidak beribadah karena bergantung pada seseorang yang tidak bisa mengantar atau tidak bisa berangkat juga.

Sesungguhnya semua dalih tersebut di tanamkan dalam pikiran sayaoleh si jahat, agar saya tidak bertumbuh dan tidak dapat menjadi murid Yesus. Kini saya mengingat masa lalu saya sebelum saya menyerahkan hidup sepenuhnya bagi Tuhan,semua yang saya kerjakan sia-sia, tidak dapat saya nikmati. Kebersamaan dengan anak-anak saya juga tidak dapat saya nikmati, walau sepertinya memang saya disibukkan dengan kepentingan mereka. BEERBEDA DENGAN SAAT INI. SEGALA WAKTU YANG SAYA MILIKI DAPAT SAYA NIKMATI. WALAU SAYA MENYERAHKAN HIDUP SEPENUHNYA BAGI TUHAN. Bebaskanlah diri kita dari segala belenggu yang memberatkan kita untuk menjadi murid dan mengiring Yesus. Jangan sampai kita tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah oleh karena kita dibelenggu hal-hal duniawi. MENGIKUT YESUS BERARTI MEMIKUL SALIB YANG BERARTI MELEPASKAN SEGALA KEINGINAN PRIBADI dan KETERIKATAN KEDAGINGAN. MEMIKUL SALIB adalah MELETAKKAN YESUS PADA POSISI UTAMA DARI SEGALA APAPUN. (ml)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar