Selasa, 19 April 2011

HATI-HATI !! IBLIS BERMAIN DALAM ZONA AMBISI

Matius 4:8-9 Dan iblis membawaNYA pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memeperlihatkan kepadaNYA semua kerajaan dunia dengan kemegahannya. Dan berkata kepadaNYA :”semua itu akan kuberikan kepadaMU, jika Engkau sujud menyembah aku.

Saya mendengar anak-anak saya tertawa bahagia ketika kami berada di villa saat liburan Desember lalu, mereka berceloteh tentang nikmatnya berada di atas sebuah bukit, mereka dapat melihat kebawah dengan leluasa. Merasa mengalami kepuasan layaknya seorang pemenang. Saya teringat cerita kakak laki-laki saya, beliau hobby mendaki gunung, dan saat sudah bisa sampai dipuncaknya alangkah bahagia dan bangganya, seolah memiliki keperkasaan menaklukkan. Saat kanak-kanak ambisi hanya sebatas mendaki bukit, tetapi begitu dewasa ambisi menaklukkan bukan sebatas bukit, tetapi gunung. Manusia memiliki ambisi kuat sebagai penakluk. Ini diketahui oleh iblis. Oleh sebab itu iblis sering bermain di zona ambisi kita.
Apa yang dicari oleh manusia dunia?
- Kedudukan yang paling tinggi, kemegahan, kekayaan,kejayaan,kehormatan, kekuasaan, pujian, AMBISI INGIN MENJADI LEBIH DARI SEGALANYA.
Mengapa manusia jatuh ke dalam dosa? Karena ingin memiliki pengetahuan yang sejajar dengan Tuhan(Kejadian 3:5). Mengapa ada menara babel ? Ingin berada pada tingkat yang sangat tinggi, puncaknya mencapai langit (Kejadian 11:4). Sejak lahir manusia memiliki ambisi. Penting sekali seseorang memiliki ambisi untuk mencapai cita-cita, namun AMBISI YANG BERLEBIHAN DAN TAK TERKENDALI MENJADI LAHAN YANG NYAMAN TEMPAT IBLIS MEMPERMAINKAN KITA. AMBISI BERLEBIHAN DAN TAK TERKENDALI BERBUAHKAN KESOMBONGAN.
Untuk mengimbangi ambisi, TUHAN mengajar kita untuk RENDAH HATI. TUHAN YESUS sudah memberikan teladan tersebut, IA rela menanggalkan segala hak-NYA demi kita manusia. IA SUDAH MEMBUKTIKAN KEMENANGANNYA, SAAT IA DICOBAI DI PADANG GURUN.
Mari belajar dari teladan TUHAN YESUS dalam menghadapi si iblis, agar kita mencapai kemenangan. Sebab iblis akan terus mencobai manusia dan berusaha menjerat agar manusia menyembah dia. Iblis akan terus bermain dalam zona ambisi Anda. Ingatlah bahwa SEGALA KEMULIAAN HANYALAH MILIK TUHAN. TEMPATKAN TUHAN DIATAS SEGALANYA DALAM HIDUP KITA.
Saat kita memiliki kesempatan berada pada sebuah kedudukan yang tinggi di kantor, memiliki kejayaan,kekuasaan dll, kita harus tetap rendah hati dan tidak menjadi sombong, bahkan akan menggunakannya untuk bersaksi akan kemuliaan TUHAN. Serta semakin giat melayani TUHAN sebagai pernyataan syukur kita. (amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar