Kamis, 14 April 2011

HANYA SEGENGGAM

Pembacaan dari 1 Raja-raja 17 : 7-24

Segenggam atau sekepalan tangan sangat sedikit jumlahnya. Bagi sebagian orang akan diabaikan. Tetapi bagi sebagian orang lagi dapat menjadi berkat. Seorang janda miskin di Sarfat tidak pernah menyangka bahwa ia akan menjadi perpanjangan tangan TUHAN untuk memberkati Elia di saat musim kekeringan. Biasanya kita berfikir bahwa untuk menjadi berkat haruslah memiliki banyak harta, atau dalam kondisi berlebih. Tetapi Tuhan menilai dari sisi yang berbeda.
1. Hati tulus yang penuh kasih. Kita mau belajar dari janda miskin ini. Ia tidak menolak untuk menolong Elia. Ia memberikan apa yang dibutuhkan oleh Elia.
2. Mau berbagi. Ia membuat bagi Elia terlebih dahulu sepotong roti bundar kecil, baru sisanya dibuat roti untuknya dan anaknya. Tiada keluhan, dilakukannya dengan ikhlas.
3. Menghargai apa yang dia miliki. Ia sangat menghargai arti segenggam tepung dan sedikit minyaknya. Dia tahu itu sangat berarti baginya dan anaknya juga bagi Elia.
Untuk dapat menjadi berkat tidak perlu dalam kondisi berlebih, apa yang ada pada kita itu adalah alat yang dipakai TUHAN untuk dapat memberkati. Memberi berkat bukan berarti menghabiskan seluruh yang kita miliki, tetapi berbagi dengan perasaan ikhlas. Berbagi berkat bukan hanya berupa berkat jasmani (roti untuk dimakan) . Berkat rohani dapat juga kita berikan dengan apa yang ada pada kita. Jangan merasa kita tidak memiliki apa-apa. Misalnya :Tuhan tidak meminta kita memiliki kepandaian menjadi garam dan terang di lingkungan, tidak perlu memiliki waktu berlebih untuk mendoakan dan memotivasi. Tidak perlu kepandaian bicara untuk menghibur yang berduka, dan lain sebagainya.
Tuhan tidak akan pernah membuat anak-anakNYA kelaparan. Dari segenggam tepung Tuhan pelihara kehidupan janda itu hingga musim penghujan. Dari yang sedikit dapat menjadi berkat. Jangan pernah meremehkan arti “SEGENGGAM”. DARI SEGUMPAL AWAN, DAPAT TURUN HUJAN yang membasahi bumi dari kekeringan. Dari sedikit kata-kata motivasi dapat membangkitkan semangat, dari sedikit meluangkan waktu untuk mendoakan orang ada kesembuhan, ada kelepasan. Dari sedikit kesaksian hidup bersama TUHAN, ada jiwa yang akan mengenal kebenaran. TIDAK PERLU MENUNGGU BERLEBIH, TIDAK PERLU MENUNGGU BANYAK. Tuhan dapat buat kita menjadi alatNYA untuk memberkati. (Amin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar