Senin, 31 Januari 2011

YANG TIDAK DI DAPAT OLEH ORANG BERDOSA

Pembacaan dari Roma 3:21-26
Ada perbedaan antara orang yang hidup semaunya sendiri dengan orang yang hidup dalam jalur ketetapan Tuhan. Walau keduanya berpredikat ‘anak Tuhan’ tetapi ada hak-hak yang berbeda yang akan dinikmati. Orang-orang yang hidup dengan kehendak sendiri, sudah mendapat upah dan kepuasan selama mereka di dunia. Sedangkan mereka yang tetap berada dalam jalur Tuhan seperti merasakan ketidak adilan selama hidup didunia ini. Memang akan terasa sangat berbeda sekali. Terkadang oleh karena perbedaan ini, banyak yang jadi turut keluar dari jalur ketetapan dan hukum Tuhan. Namun semua itu kepuasan dan kesenangan serta upah yang kita terima hanya sementara. Untuk mereka yang tetap dapat bertahan, ada yang akan kita terima di sorga dan sifatnya kekal.
Hari ini kita diingatkan kembali utnutk tetap dapat bertahan dan terus berada pada jalur Tuhan, perhatikan hal-hal berikut :
1. Orang berdosa tidak dapat berjumpa dengan TUHAN, sebab mereka tidak hidup dalam kebenaran, hanya orang-orang yang hidup dalam kebenaran Firmanlah yang dapat berjumpa dengan DIA (Ayub 23:8-9)
2. Orang berdosa tidak akan berkenan kepada Allah (Roma 8:8), walaupun mereka didunia dapat menjadi pengerja gereja, melayani, berkhotbah, tetapi tidak akan hidup berkenan kepada Allah. Doa tidak dijawab dan tidak melihat berkat-berkat Allah (Yesaya 1:13-15)
3. Orang berdosa tidak akan melihat Kerajaan Allah. (Yohanes 3: 3 dan 5), apapun yang dilakukan untuk dapat melihat kerajaan Allah akan sia-sia. Sedangkan mereka yang tetap berada dalam kebenaran Firman akan masuk ke dalam Kerajaan Allah bahkan Kerajaan itu ada dalam hidupnya, dan dia dapat menghadirkannya dalam setiap aspek kehidupannya.
4. Orang berdosa hidupnya tidak tenang (Mazmur 107 : 17-18), mereka bisa saja hidup berkelimpahan, sukses dan berhasil, namun dalam kesemuanya itu ada ketidak tenangan yang mereka alami bahkan mungkin tidak memiliki sukacita. Tetapi sebaliknya, orang benar akan memiliki sukacita dan damai, sekalipun berada dalam kondisi berbeban berat, sebab janji Tuhan ‘ya dan amin’.
Oleh sebab itu, janganlah memiliki perasaan tidak adil,lalu mengikuti jalan-jalan serong, tetapi ajaklah mereka untuk kembali pada jalan ketetapan dan hukum kebenaran Firman. Agar sama-sama dapat menikmati kebahagiaan kekal bersama Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar