Kamis, 27 Januari 2011

SABAR ATAS PENOLAKAN

Pembacaan dari lukas 9 :51-56

Sabar, hanya sebuah kata yang terdiri dari lima huruf, dikumandangkan oleh setiap orang yang sedang menghibur orang lain yang dalam kesesakan. Tetapi sebuah kata “sabar” tidaklah mudah dipraktekkan dalam hidup kita. Sebab dalam kata “Sabar” mengandung makna “Harus merendahkan diri, menempatkan harga diri kita di bawah”. Dan membiarkan “TUHAN YANG BERADA DI ATAS”. Mengapa bisa demikian ? Bayangkan jika anda mengalami penolakan atau penghinaan oleh karena anda bukanlah seorang yang memiliki harta dunia. Betapa harga diri anda terasa diinjak-injak oleh mereka yang merasa memiliki banyak harta. Anda harus dapat bersabar.
Dalam pembacaan kita hari ini, dua murid Yesus merasa marah oleh karena penolakan orang Samaria terhadap kedatangan Yesus.
Ayat 54 Ketika dua muridNYA, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata :”Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?”

Seolah memang membela kepentingan Tuhan, tetapi sebenarnya harga diri mereka yang merasa terinjak-injak. Sebab mereka merasa berada pada posisi sebagai murid Yesus, dan memiliki kuasa. Tetapi Tuhan malah menegor mereka. Pelajaran yang diterima oleh mereka hari itu adalah, Tuhan Yesus tidak menggunakan kekuasaanNYA dengan sewenang-wenang, dan mereka diajar untuk merendahkan hati. Berapa banyak kita merasa disakiti, ditolak, dilecehkan dengan perkataan, dengan sikap, dll. Dan bagimana rasanya ??? Sering orang melontarkan kata-kata seperti ini “UH!! RASANYA AKU INGIN MENGHABISI DIA..!” Manusiawi sekali. Setiap orang yang tersakiti pasti akan merasa demikian. Hari ini kita seperti kedua murid Yesus, diajar untuk lebih bersabar, tidak menempatkan diri melebihi Tuhan Yesus.
Ayat 56 :Lalu mereka pergi ke desa yang lain.
Tuhan mengambil inisiatif untuk tidak mengunjungi desa yang sudah menolak Dia. Demikian pula kita, hindari pertengkaran dengan mereka yang menolak atau menyakiti kita. Jangan membalaskan apapun. Belajar untuk bersikap bijak. KATA SABAR HARUS KITA PRAKTEKKAN SETIAP HARI UNTUK MELATIH KERENDAHAN HATI. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar