Minggu, 15 Mei 2011

RAHASIA SANG PEGAWAI ISTANA

Pembacaan dari Yohanes 4: 46-54

Ketika saya membaca kisah ini, saya merenungkan pesan apa yang TUHAN ingin sampaikan pada saya. Saya mendapatkan beberapa rahasia mengapa pegawai istana ini mendapatkan belas kasih TUHAN untuk menolongnya dalam menghadapi permasalahannya.
1. Lepaskan martabat dan kebanggaan diri di hadapan TUHAN. Pegawai istana adalah orang penting di istana Herodes. Ia mencari Yesus yang hanya seorang anak tukang kayu dari Nazaret. Perjalanan yang ditempuhnya cukup jauh. Ia di Kapernaum saat Yesus datang ke Kana. Ia tidak perduli apa kata orang, ia tidak perduli akan reputasinya, asalkan mendapat pertolongan dari Yesus. Terkadang kita enggan merendahkan diri kita untuk datang pada Tuhan agar mendapat pertolongan dariNYA. Memikirkan apa kata orang disekeliling, takut reputasi kita jatuh.
2. Miliki ketetapan hati dan hati yang tulus. Pegawai istana ini memiliki ktetapan hati dan ketulusan iman, ia percaya bahwa hanya Yesus yang dapat menolong dia. Padahal saat itu perkataan Yesus padanya cukup hambar. Kebanyakan orang tidak akan percaya sebelum melihat mujizat. Tuhan memiliki cara untuk menguji ketulusan hati seseorang. Apakah orang tersebut akan marah, tersinggung atau lebih mempertahankan gengsi dan kebanggaan dirinya, atau kecewa pada-NYA, ketimbang teguranNYA ,seperti pada peristiwa dengan perempuan Kanaan (matius 15:21-28) Ia mendapatkan ketulusan yang besar dari perempuan tersebut.
3. IMAN. Percaya akan janji Tuhan yang hanya diperkaytakannya. Yesus menyuruhnya kembali hanya dengan mengatakan bahwa anaknya sembuh. Pegawai istana tidak melihat sebuah tindakan langsung pada anaknya yang sakit, tetapi hanya sebuah janji yang diucapkan TUHAN. Dengan IMAN ia pulang dengan membawa janji TUHAN. Apakah kita memiliki iman seperti dia? Percaya pada semua janji TUHAN, tidak meragukanNYA atau berkata mungkin. SEBAB APA YANG DIUCAPKAN TUHAN YESUS ADALAH BENAR.
4. Memberi diri pada TUHAN. Setelah menerima mujizat dari Yesus, ia tidak melupakan TUHAN. Justru ia dan keluarganya menjadi percaya pada Kristus.

Kiranya catatan singkat ini dapat menjadi berkat bagi saudara-saudara kekasih.
LORD JESUS LOVES US (Amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar